Fine Chemical

Eugenol

Eugenol atau nama IUPAC nya 2-metoksi-4-(2-propenil)fenol, merupakan salah satu senyawa golongan fenol yang terkandung dalam beberapa minyak atsiri seperti minyak daun cengkeh, gagang cengkeh(Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum), minyak lawang (Cinnamomum culilawan), Basil (Ocimum basilicum), kayu manis (cinnamomum sp.), minyak daun salam (Syzygium polyanthum).

struktur eugenol
struktur eugenol

Aroma nya pedas, menyegarkan, spicy, manis dan sedikit berorama kayu. Senyawa ini dipakai dalam industri parfum, penyedap, minyak atsiri, dan farmasi sebagai penyuci hama, pengolahan timah dan pembius lokal. Ia juga menjadi komponen utama dalam rokok kretek. Dalam industri, eugenol dapat dipakai untuk membuat vanilin. Campuran eugenol dengan seng oksida (ZnO) dipakai dalam kedokteran gigi untuk aplikasi restorasi (prostodontika). Warna dari eugenol sendiri jernih hingga kuning, jika teroksidasi dan terlalu lama terpapar cahaya warnanya akan berubah. Dalam bentuk crude eugenol pasca isolasi akan berwarna coklat kemerahan. sedikit larut dalam air, namun kelarutan dalam pelarut organik sangat tinggi.

Hasil isolasi eugenol dari minyak daun cengkeh penyulingan Bulukumba Sulawesi Selatan
Hasil isolasi eugenol dari minyak daun cengkeh penyulingan Bulukumba Sulawesi Selatan

Penggunaan eugenol secara berlebihan akan menyebabkan kerusakan pada hati. Selain itu karena banyak digunakan dalam industri parfum, terkadang pengguna parfum yang memiliki tingkat alergi terhadap senyawa ini juga harus mewaspadai terhadap parfum yang memiliki komponen eugenol ini. Karena dikhawatirkan akan menimbulkan dampak yang kurang baik terhadap kesehatan.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *