Mawar Damascena van Kazanlik

Mawar Damascena ini dibawah oleh Ivan, Kolega Rumah Atsiri asli Bulgaria. Pada tahun 2018 terjadi komunikasi antara DAI, RAI dan Ivan dari Bulgaria, Ivan terkesan karena keterikatan perjanjian Sovia perusahaan Bulgaria yang membangun Pabrik Penyulingan Minyak Atsiri Citronella tahun 1963, yang kin idialih fungsikan menjadi museum dan taman Rumah atsiri.

Ivan membawakan beberapa bibit mawar dari dua sub varietas saya lupa namanya, nanti ditanyakan lagi sama mas Aris. Karena beliau yang ngurus ini mawar dari awal sampai kini.

Akan tetapi dari 2018 sampai saat ini, pohon mawar ini belum berbunga. sudah dicoba dibeberapa tempat untuk ditanam, akan tetapi hasilnya masih tetap sama tidak ada perubahan. Kami mengira apakah karena stress perjalanan? akan tetapi waktunya sudah terlalu lama kalau stress.

Beberapa waktu lalu ketika berkunjung ke Mitra Ayu, kami mendapat info jika mawar ini harus di kagetkan dengan suhu dingin. Paling tidak harus ditaruh di refrigerator dalam waktu musim dingin, jadi kurang lebih dalam waktu 3-4 Bulan, hingga gugur seluruhnya dan kemudian akan blooming.

masih belum dicoba sampapi saat ini. semoga segera ya. karena mas Aris juga masih sibuk bebenah taman.

22 Replies to “Mawar Damascena van Kazanlik”

  1. terimakasih infomasinya sangat bermanfaat , ternyata banyak sekali macam macam atau jenis mawar ,semoga kedepannya ada pembahassan artikel tatacara budidaya mawar tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *