Atsiri

Cendana Palsu

Beberapa waktu belakangan ini sedang trend tentang satu tanaman penghasil minyak atsiri yang memiliki nilai jual yang tinggi. Tersebutlah nama tumbuhan tersebut Cendana Mysoram, yang di klaim berasal dari India. Namun hingga saat ini banyak petani yang mulai resah akan tanaman ini  tidak dapat dipanen karena berbeda dengan tanaman cendana India yang asli (Santalum album). Dalam artikel ini akan saya bahas beberapa tumbuhan yang disebut Cendana/Sandalwood. Sampai saat ini terdapat 3 jenis tumbuhan yang dikaitkan dengan nama Cendana namun bukan dari keluarga Cendana.

Cendana Mysoram (Nama ilmiah belum diketahui)

Banyak yang salah kaprah tentang tanaman ini, mulai dari namanya hingga bentuk dan jenis tanaman. Untuk menyebut cendana India biasa para buyer atau collector menyebutnya sebagai Sandalwood Mysore(suatu daerah di selatan India) Santalum album, sedangkan di Indonesia Cendana yang sedang trend ini diberi nama Mysoram. Pada awal masa pertumbuhannya kecambah pohon cendana (ASLI,Santalum album ) membutuhkan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakan atau dibudidayakan. (source : Dinas Kehutanan dan Perkebunan). Sedangkan cendana mysoram tumbuhnya tidak membutuhkan inang dan dapat tumbuh dengan mudah.

 

Daun Cendana Mysoram
Daun Cendana Mysoram

Selain itu jika kita Bandingkan dari bentuk daun, cendana mysoram ini berbeda sekali dengan cendana NTT(Santalum album) atau cendana Australia (Santalum spicatum) atau cendana Papua (santalum mcgregorii). Bentuk daun cendana mysoram cendrung mirip dengan keluarga Artemisia walaupun tidak merambat dan parasit. Selain itu secara chemotype atau kecocokan keluarga dengan menggunakan kandungan kimia, cendana mysoram ini lebih memiliki kemiripan dengan keluarga Pinus, cypress dan valerian :

GCMS Cendana Mysoram
GCMS Cendana Mysoram

Kandungan utamanya adalah Isolongifolene dengan persentasi 25.66%, Isolongifolene ini biasa digunakan dalam industri fragrans sebagai agen atau bahan sintesis, terkadang digunakan dalam campuran formula minuman dan bumbu instant. Dalam dunia perfumery Isolongifolene memberikan efek hangat, kekayuan, dan juga bersifat fixative. Sedangkan terdapat pula valeranal yang biasa digunakan kepada apsien – pasien yang memiliki gangguan tidur.

CENDANA MYSORAM BUKAN LAH CENDANA yang dimaksud disetiap perdagangan internasional dengan nama SANDALWOOD

Bastard Sandalwood

Bastard Sandalwood atau Buddah memiliki nama latin Eremophila mitchelli Benth, adalah semak atau pohon kecil asli Australia. Spesies ini tumbuh sebagai semak multi-bertangkai atau pohon kecil, tingginya mencapai 10 meter. Daun linier  memiliki panjang berkisar antara 2 dan 6 cm, dan lebar sekitar 3 sampai 7 mm. Memiliki bunga berwarna putih (kadang-kadang pucat merah muda-ungu muda) dengan bintik-bintik di kelopaknya, yang terjadi pada musim semi, dan pada berbunga lebih sedikit di musim gugur.

Bastard Sandalwood
Bastard Sandalwood

Kandungan dalam minyak Bastard Sandalwood ini hampir 100% Keton, eremophilone dan santalcamphor. Penggunaannya sebagai fixative namun dahulu terkadang digunakan sebagai pencampur minyak cendana Australia Santalum spicatum.

Cendana Afrika

Dikenal juga  dengan nama minyak Osyris, Minyak cendana afrika ini memiliki warna kemerahan. Rendemen yang dihasilkan sekitar 3%. Berasal dari tumbuhan Osyris tenuifolia atau Kayu Hasoranto yang berasal dari utara Madagaskar.

Cendana Afrika
Cendana Afrika

Aroma nya mirip dengan minyak akar wangi dan minyak kruing. Minyak atsiri cendana Osyris tenuifolia diselidiki dengan metode kromatografi dan spektroskopi. Selain beberapa seskuiterpen sudah dikenal empat senyawa baru bisa diisolasi dengan kromatografi gas preparatif dan struktur mereka diselidiki oleh spektroskopi massa dan teknik NMR. Dua senyawa baru – tenuifolene dan ar-tenuifolene  – menunjukkan rantai karbon sesquiterpene baru. 2, (7z, 10Z) -Bisabolatrien-13-ol dan eter lanceoloxide siklik milik Bisabolanes.

5 Comments

  1. Sepertinya punya saya cendana palsu/jenis mysoram. Saya dapat bibit dari Boy Hermanto yg berjanji mau menampung hasil panen. Ternyata orangnya sekarang minggat. Satu batang bibit saya beli rp 150rb. Saya beli 100 batang. Mohon kepada siapapun kalau ketemu Boy Hermanto seret ke kantor polisi terdekat karena telah menipu banyak petani di Lampung.

    1. Pak Rahnyono, Anda tinggal di Lampung ? Ayah saya juga membeli dan menanam bibit cendana seperti bapak dan dari Boy Hermanto. Sudah 4 tahun usia cendana saya. Boleh minta kontak bapak buat tukar solusi. Soalnya banyak juga di daerah saya yang menanam pohon cendana mysoram. Benar palsu atau tidak ya cendana ini ? Kalau tidak hubungi saya di 083899660466. Sblumnya terimakasih.

  2. Di tempat saya,kabupaten buleleng – Bali, saat ini jenis cendana mysoram ini di pamerkan dan di jual oleh Dinas Kehutanan….saya akan minta data ke dinas kehutanan dan membandingkan dengan data yang anda punya, biar tau kebenaran nya apakah jenis ini palsu atau asli.

  3. saya juga tanam cendana india ini. jika cendana ini palsu kenapa pihak terkait seperti dinas kehutanan dan dinas perdagangan seperti tutup mata tidak cepat ambil tindakan seperti pemberitahuan yang jadi sengsara khan petani seperti saya yang udah tanam utk satu ha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *