Review : Buku Kimia Minyak Atsiri

Kali ini saya akan mengulas tentang buku karangan Prof. Dr. Hardjono Sastrohamidjojo, Guru Besar Minyak Atsiri Indonesia, selain Bapak Ir. Ketaren. Awalnya sebelum naik cetak, buku ini diberi judul Kimia Minyak Atsiri dan Parfum, namun selanjutnya lebih di sederhanakan lagi hanya Kimia Minyak Atsiri.

Sebagian besar isinya merupakan hasil dari Disertasi beliau dengan judul disertasi A Study of Some Indonesian Essential Oils, Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada (1981) yang beliau selesaikan di Universitas Uttrech Belanda.

Buku ini berisi tentang isolasi dan sintesis minyak atsiri untuk kebutuhan industri aroma dan perasa. Beberapa tanaman penghasil minyak atsiri yang ditulis oleh Beliau antara lain; Cengkeh, Sereh wangi, Mentha arvensis, Cinnamomum cullilawan.

Dalam buku ini juga diberikan proses sintesis beberapa senyawa turunan minyak atsiri, seperti sintesis citronellal menjadi pulegone atau menthol. Isolasi eugenol dari minyak daun cengkeh dan beberapa proses turunan lainnya.

Reaksi yang dituliskan runut dan rapi. Karena hasil dari penelitian Beliau maka, sebenarnya buku ini dapat dijadikan acuan ketika praktikum atau proses QC dan QA di Pabrik Turunan Minyak Atsiri. Walaupun metode yang digunakan masih metode Pada tahun 1980an dimana Disertasi Beliau ditulis, namun dari segi metode sintetis kimia masih dapat kita gunakan hingga sekarang.

Bagi orang yang awam akan reaksi kimia, maka buku ini sedikit lebih berat untuk dipahami, karena melibatkan reaksi – reaksi senyawa organik. Paling tidak untuk memahaminya secara detil dibutuhkan 6 SKS Kuliah Kimia Organik dasar.

Namun bagi Mahasiswa Kimia, atau yang bergerak dibidang kimia tentunya buku ini merupakan suatu referensi yang perlu dimiliki. Karena sebagian besar merupakan hasil penelitian Prof. Dr. Hardjono sastrohamidjojo.

Dari beberapa tanaman yang ada, saya rasa paliing lengkap ulasan tentang Mentha arvensis nya. Karena pada tanaman ini Beliau memprosesnya sendiri mulai dari mencari bibit, budidaya, penyulingan hingga purifikasi dan sintetisnya. Sehingga semestinya Prof. Hardjono dapat mengeluarkan satu buku sendiri untuk mengulas Mentha arvensis.

Diterbitkan oleh Gama Press, Jogjakarta., Rencananya Prof Hardjono akan menerbitkannya dalam keluaran berbahasa Inggris.

Author: Ano

peneliti dan praktisi di bidang minyak atsiri dan kimia bahan alam

One Reply to “Review : Buku Kimia Minyak Atsiri”

  1. Buku ini amat membantu penelitian skripsi dan tesis saya dulu,.. maju terus pengembangan minyak atsiri Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *