Penentuan Bilangan Asam Minyak Atsiri

Beberapa tahun belakangan ini, ketika terjadi suatu transaksi pembelian minyak atsiri, khususnya minyak nilam, pengepul atau pembeli mulai melakukan uji bilangan asam. Hal ini dikarenakan mulai banyak minyak nilam yang dihasilkan oleh para penyuling memiliki bilangan asam melebihi nilai yang telah ditetapkan dalam SNI 06-2385-2006 dengan total bilangan asam adalah 8.

Naiknya bilangan asam dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pertama adalah faktor budidaya dan tempat tumbuhnya nilam memegang peranan cukup penting terhadap nilai bilangan asam. faktor kedua yaitu bersumber dari SDM yang mengelola penyulingan. Seringnya ketel untuk menyuling non stop menyebabkan kurangnya perhatian dalam merawat ketel. Dari hasil beberapa kali inspeksi, rutinitas membersihkan ketel penyulingan juga dapat membantu menurunkan bilangan asam pada miyak nilam.

Mengapa pengujian bilangan asam ini begitu penting dalam dunia minyak dan lemak?

Bilangan asam adalah ukuran dari jumlah asam lemak bebas, serta dihitung berdasarkan berat molekul dari asam lemak atau campuran asam lemak. Bilangan asam dinyatakan sebagai jumlah milligram KOH yang digunakan untuk menetralkan asam lemak bebas yang terdapat dalam 1 gram minyak atau lemak. Bilangan asam yang besar menunjukkan asam lemak bebas yang besar pula, yang berasal dari hidrolisa minyak atau lemak, ataupun karena proses pengolahan yang kurang baik. Makin tinggi bilangan asam, maka makin rendah kualitasnya.

Alat dan Bahan yang digunakan :

  1. Buret
  2. Statip
  3. labu erlenmeyer
  4. timbangan
  5. alkohol
  6. minyak atsiri(sampel)
  7. indikator phenol ptalin (indikator PP)
  8. KOH
  9. Air

Untuk membuat larutan KOH 0.1 N, maka yang perlu dipersiapkan adalah dengan menimbang 56.1 gram KOH lalu larutkan kedalam 1 L air.

Pengujian terhadap bilangan asam suatu minyak atsiri sebagai berikut :

  1. Menimbang 2,5 gram minyak atsiri dan labuErlenmeyer 250 ml.
  2. Menambahkan 25 ml ethanol 95% dan 3 tetes indicator PP (phenophtalein)
  3. Mentitrasi dengan KOH 0,1 N hingga tercapai warna merah muda dan mencatat ml KOH yang digunakan
  4. Apabila dalam penentuan ini diperlukan KOH 0,1 lebih dari 10 ml, maka analisis harus diulangi lagi tetapi dengan menggunakan sampel 1 gr minyak yang dititrasi dengan KOH 0,5 N.
titrasi mencapai titik ekual sumber gambar : natalia-purnawanti.blogspot.com
titrasi mencapai titik ekual sumber gambar : natalia-purnawanti.blogspot.com

Bilangan asam suatu minyak didefenisikan sebagai jumlah milligram KOH/NaOH yang diperlukan untuk menetralisir asam bebas dalam 1gr minyak atsiri dan dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut :


V x N x 56,1
bilangan asam = ————————–
W

V: volume KOH titran dalam mililiter
N: normalitas KOH
W: berat sampel
MR KOH : 56,1

31 Replies to “Penentuan Bilangan Asam Minyak Atsiri”

  1. Saya penyuling minyak nilam di sulawesi selatan dan sulawesi tengah, kendala yang saya hadapi saat ini adalah tingginya kadar asam sehingga harganya jauh lebih rendah di banding harga minyak nilam yang ada di Jawa. Untuk itu mohon ilmunya bagaimana cara menurunkan kadar asam minyak nilam. Saya sangat berminat mengikuti Jika ada pelatihan yang sifatnya pengetahuan tekhnis untuk menurunkan kadar asam minyak nilam, untuk itu mohon informasinya. Kalau boleh saya minta tolong dikirimkan nomor HPnya melalui email atau fb Aminah Medama. Terima kasih atas bantuannya.

    1. Salam Bu Aminah,

      Untuk menurunkan bilangan asam ada beberapa cara, pertama dengan menggunakan KOH(saponifikasi), namun kandungan Patchouli Alcohol dalam minyak juga akan berubah menjadi senyawa lain, memang jika dilihat dengan menggunakan alkohol meter akan naik skala R/T -nya, namun kandungan utamanya juga sudah berubah.

      Kedua bisa menggunakan redistilasi, namun hanya sedikit penurunan yang didapat dengan susut yang banyak pula sehingga dari segi ekonomi jarang dilakukan.

      Selain mengadakan perawatan pada ketel dan routine mengganti air pada proses penyuliingan, penggunaan kapur pertanian saat budidaya juga penting, yang kedua adalah sebelum melakukan budidaya sebaiknya dilakukan study tentang tingkat keasaman tanah dan air di lokasi budidaya.

      Terima Kasih ~ ANo

  2. Saya sudah coba menentukan bilangan asam dengan artikel diatas, tapi tdk berhasil.Jumlah KOH sdh maksimal tp tdk ada perubahan warna.Apa campuran minyak dan alkohol dipanaskan dulu kemudian dititrasi?

    1. tidak ada pemanasan, jika tidak ada perubahan warna metode selanjutnya perlu diencerkan kembali. atau coba dicek ulang apakah sudah anda tambahkan indikator Phenolptalin?

        1. Apabila dalam penentuan ini diperlukan KOH 0,1 lebih dari 10 ml, maka analisis harus diulangi lagi tetapi dengan menggunakan sampel 1 gr minyak yang dititrasi dengan KOH 0,5 N.

          1. Apa ada cara yang lebih praktis untuk menghitung bilangan asam pak? Bagaimana korelasinya dengan menghitung pH minyak dengan pH meter ? trims

          2. Sepengetahuan saya belum ada, cara yang lebih praktis. untuk mengetahuinya memang melalui metode titrasi. Beda antara bilangan asam dan pH. Bilangan asam seperti dalam ulasan di artikel ini dimana Bilangan asam adalah ukuran dari jumlah asam lemak bebas, serta dihitung berdasarkan berat molekul dari asam lemak atau campuran asam lemak. sedangkan pH adalah tingkatan asam basa suatu larutan yang diukur dengan skala 0 s/d 14 .

      1. Saya sdh coba 1 grm minyak,25 ml alkohol 96%, Indikator PP 3 tts, Titrasi KOH 0,5 N, namun masih gagal,belum ada perubahan warna. Apa mungkin Indikator PP yang di toko kemasan 100 ml harus dibuat ulang? atau prosedur yang tidak benar pak? trims

        1. Bisa dicoba untuk dititrasi larutan blanco, jika tidak ada perubahan berarti indikator anda rusak. Jika dapat berubah ada kemungkinan bilangan asam terlalu tinggi, maka perlu pengenceran lagi

          1. bagaimana cara membuat KOH 0,1N ? apa pake kristal 56,1 gr/ltr aquades atau 5,61 gr/ltr aquades pak?: trims

  3. pak, untuk alkohol 95% nya perlu dinetralisasi dahulu menggunakan KOH seperti pada analisa FFA atau tidak perlu dinetralisasi dulu pak ?

  4. Pak Ano,

    Terima kasih atas informasinya. Kalau boleh nanya lebih lanjut, asam lemak yang terdapat di minyak nilam itu, asam lemak apa aja? Asam lemak apa yang memiliki konsentrasi terbesar?
    Kalau misalnya dari SNI, bilangan asam maksimal sebesar 5, berarti kita perlu KOH sebanyak 5 mg untuk 1 gr sample minyak nilam. Apakah seperti itu?

    Terima kasih Pak,
    Zulfan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *