Review

Review : Pelatihan Minyak Atsiri Se- Kalimantan Selatan

Tanggal 7 – 11 September 2011 saya mendapatkan surat tugas ke Kalimantan Selatan untuk memberikan pelatihan Minyak Atsiri bagi pelaku industri kecil dan menengah se Kalimantan Selatan. Pada kesempatan ini saya berangkat berdua bersama Bang Qadri Donkz. Seperti biasanya materi kami bagi dalam beberapa termin. Termin pertama menyangkut budidaya dan teknologi minyak atsiri yang di sampaikan oleh saya sendiri. Selanjutnya termin kedua dilanjutkan dalam bidang ekonomika dan bisnis minyak atsiri yang disampaikan oleh bang Qadri.

1442447620421
Persiapan mau pembukaan acara

Termin ke tiga adalah Diversifikasi produk – produk berbasis minyak atsiri kembali disampaikan oleh saya dan termin ke empat dilanjutkan oleh Bang Qadri dengan materi ekonomika dan bisnis produk diversifikasi berbasis minyak atsiri. Pelatihan diikuti oleh 35 peserta dari berbagai Kabupaten di Kalimantan Selatan yang difasilitasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Kalimantan Selatan.

Materi Minyak Atsiri
Materi Minyak Atsiri

Setelah mendapatkan materi pelatihan, selanjutnya adalah melakukan praktek pembuatan produk – produk olahan berbasis minyak atsiri. Pada kesempatan ini kami mempraktekan pembuatan Sabun Padat, dan beberapa produk berbasis bees wax. Selain itu pada kesempatan kali ini juga dibentuk suatu Asosiasi Herbal dan Minyak Atsiri se Kalimantan Selatan diman Bapak Aan terpilih sebagai ketua Asosiasi.

Praktek pembuatan Produk olahan berbasis minyak atsiri
Praktek pembuatan Produk olahan berbasis minyak atsiri

Pada hari terakhir kami melakukan kunjungan ke salah satu penyulingan di daerah Banjarbaru Kalimantan Selatan, yakni mengunjungi penyulingan Ibu Nor Jannah di daerah Simpang Pengaron. Ibu Nor Jannah menyuling dibantu oleh putranya menyuling sereh wangi. Selain sereh wangi Ibu Nor Jannah dan kelompoknya juga sudah mengembangkan tanaman Ylang – ylang seluas 10 Ha.

Foto Bersama di Depan Penyulingan
Foto Bersama di Depan Penyulingan
Foto Bersama di Akhir acara
Foto Bersama di Akhir acara

7 Comments

  1. Assalamualaikum pak,
    Selamat sore, slm kenal.
    Ada beberapa pertanyaan dr saya pak,.utk mendapatkan 100 ml minyak atsiri jahe, kita butuh berapa kilogram jahe (emprit/merah?). Terus dimana saya bisa mendapatkan pelatihan yang lngsung ttg cara penyulingan minyak atsiri jahe utk daerah jawa tengak? Yang terakhir pak, kira2 mesin/alat penyulingan yang ukuran kecil/sedang, ada dikisaran harga berapa pak? Apakah bapak punya rekomendasi toko penjualnya?
    Terima kasih sebelumnya, pak…
    Maturnuwun sanget ya pak,

    S a l a m,
    Ronyy Mointi,
    Desa Prawoto, Sukolilo-Pati-Jawa Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *