Review

Review : Pelatihan Gaharu 2

Pada tanggal 16 – 17 Januari lalu, kami mengadakan pelatihan tentang produk – produk gaharu bertempat di Hotel Gowongan Inn Jogjakarta. Peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 8 Orang, sedangkan 5 orang terpaksa batal hadir dikarenakan kesulitan transportasi menuju ke daratan utama karena  lokasi tempat tinggal berada di kepulauan.

Para Peserta Pelatihan
Para Peserta Pelatihan

Pada Sesi Pertama, dibuka oleh Bapak Ir. Rawana, MP. beliau adalah pakar gaharu sekaligus dekan fakultas kehutanan INSTIPER Jogjakarta. Beliau menerangkan tentang gaharu dimulai dari segi budidaya hingga persiapan pemanenan. Selain itu juga Ir. Rawana MP., menjelaskan bagaimana cara mendapatkan gubal melalui teknik budidaya yang lebih efisien, sehingga investasi yang dikeluarkan tidak sia -sia. Banyak kasus – kasus yang dibahas seputar budidaya dan teknik inokulasi pada tumbuhan budidaya.

Pada Sesi ke dua. Bapak Tatang Shabur Julianto, M.Si., memberikan materi tentang produk turunan gaharu dan cara bagaimana mengembang biakan inokulan, sehingga petani budidaya gaharu akan lebih hemat biaya dalam menghasilkan gubal. Beliau sebagai pakar Biokimia dan Kimia Bahan Alam di Universitas Islam Indonesia, juga memberikan pemaparan tentang jenis – jenis cendawan dan optimasi pembiakannya. Selain itu juga Bapak Tatang Shabur juga menerangkan tentang komposisi kimia produk – produk yang dihasilkan dari gaharu, sehingga memiliki aroma yang unik dan kaya.

Peserta Mendengarkan pemaparan dari Bapak Tatang Shabur Julianto, M.Si.
Peserta Mendengarkan pemaparan dari Bapak Tatang Shabur Julianto, M.Si.

Sesi ke 3, merupakan sesi dimana dibahas tentang teknik penyulingan untuk mendapatkan minyak gaharu. disini saya memaparkan beberapa jenis teknik penyulingan dan berbagai macam masalah yang terdapat dalam usaha penyulingan minyak gaharu. Dimulai dari cara mendapatkan bahan baku hingga proses pembersihan dan pembersihan minyak sebelum di lepas ke pasaran.

Praktek Penyulingan * Ibu Etnawati MP., Kadis Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur
Praktek Penyulingan * Ibu Etnawati MP., Kadis Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur

Sesi ke 4 Tentang pasar dan kualitas minyak gaharu di sampaikan oleh Saudara Muhammad Taftayani, SS., pemilik www.agarwoodindonesia.com yang menjelaskan tentang aspek pasar dan keunikannya. Beliau juga menceritakan pengalamannya menggeluti dunia gaharu mulai dari awal hingga sukses seperti saat ini. Pada hari ke dua, dilakukan praktek penyulingan hingga pemanenan yang dilakukan oleh peserta dengan bimbingan para tutor.

Praktek pemanenan Oleh Bapak Juli Sutanto, Captain Kapal yang akan berwirausaha dibidang Gaharu
Praktek pemanenan Oleh Bapak Juli Sutanto, Captain Kapal yang akan berwirausaha dibidang Gaharu

Gaharu memiliki bau khas yang tidak dimiliki bahan wangi lainnya, ia begitu kompleks  dan rumit setiap region dan spesies memiliki bau khas tersendiri yang menjadi pembeda antara satu dengan lainnya. Gaharu Sumatra misalnya meiliki bau yang berat pada manis dan legitnya namun dengan sedikit bau asin laut, Gaharu Kalimantan Barat, Tengah, Selatan dan Timur memiliki aroma masing-masing, Lombok hingga NTB secara umum juga memiliki aroma tersendiri begitu juga Maluku, Sulawesi dan Papua masing-masing memiliki aroma tersendiri juga kandungan kimia tersendiri.

4 Comments

      1. Pak.saya mau tanya.iklim di lombok dengan curah hujan 1256mm pertahun tumbuhan apa yg bisa di kembangkan untuk di ambil minyak astirinya.atas perhatiaanya saya ucapkan banyak terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *