Review

Review : Minyak Tawon Makassar

Minyak Gosok Cap Tawon adalah produk obat-obatan(luar) bagi keluarga yang diproduksi oleh PT. Tawon Jaya Makassar sejak tahun 1912 di Makassar. Produk ini telah dikenal secara luas, baik dalam dan luar negeri serta menjadi salah satu oleh-oleh khas Makassar. Tidak heran jika minyak gosok cap tawon ini menjadi salah satu yang “wajib” dibawa pulang ketika berkunjung ke Makassar. Selain di Makassar di pulau – pulau lain juga sudah banyak tersedia. Tahun lalu (2013) paska pulang dari Keerom, Papua, kebetulan singgah di Makassar, bertemu dengan sahabat sejak zaman kuliah dan juga pemilikVPS tempat saya titip hosting blog ini, namanya, sebutlah Andi Ariwahyudi bersama calon istri (dulu) Lia Akmaluddin, memberikan bingkisan oleh -oleh minyak ini untuk dibawa pulang, kebetulan sedang parah – parahnya menderita malaria dan istri juga paska melahirkan anak kedua, jadi sangat membantu sekali meringankan derita nyeri-nyeri sendi.

Ada 2(dua) varian minyak gosok cap tawon ini yang dibedakan dari tutup kemasannya. Tutup merah dan tutup putih. khasiatnya sama, perbedaan hanya terletak pada level panas yang dimiliki oleh masing – masing varian. Jika teman suka yang lebih panas, maka lebih dianjurkan untuk menggunakan minyak tawon tutup putih.

Manfaat Minyak Tawon :

  1. Mengobati keseleo, badan pegal-pegal, otot leher yang terasa kaku, sakit pada bagiang pinggang dan punggung
  2. Mempercepat penyembuhan bengkak/lebam karena pukulan atau benturan.
  3. Mengobati luka bakar, luka khitan/sunat, kulit yang terluka/lecet atau kulit yang terkena pisau.
  4. Meredakan nyeri, sakit kepala, batuk-batuk, gatal akibat gigitan serangga, sakit gigi dan sariawan
  5. Mengobati sakit urat & tulang, bisul, pusing, kudis, kurap, panu, muntah-muntah, mencret, pegal-pegal, rematik, masuk angin, sakit perut, sesak napas, ambeien, sakit pada ulu hati dll.
  6. Minyak tawon juga biasa digunakan untuk pemakaian pijat/urut sehari-hari.

Sejarah minyak gosok Tjap Tawon

Jadi sebenarnya minyak gosok cap tawon ini sudah ada di Makassar sejak 6 Desember 1912. Didirikan oleh seorang Cina bernama Lie A Liat. Memang dalam sejarahnya,kota Makassar merupakan kota niaga yang hampir disinggahi oleh semua bangsa. Mulai dari Portugis, Cina, India, Jepang, dan Belanda. Penduduknya yang sangat terbuka dan ramah  terhadap siapa saja yang datang, telah membuka peluang bagi siapa saja yang datang ingin menetap maupun berdagang disana. Salah satunya Lia A Liat ini, kepiawaiannya meracik minyak gosok dimanfaatkan untuk membuka sebuah peluang bisnis yang kemudian ia beri nama To Boo Loeng (sekarang sudah dikenal dengan minyak gosok cap Tawon). Bukan Cina jika tidak terkenal dengan ramuan obat-obatanya dulu dan kini.

minyak tawon
minyak tawon

Minyak gosok ini, kemudian dipasarkan ke pedalaman-pedalaman Sulawesi, Lalu, Lia A Liat mencoba melebarkan sayapnya ke Batavia dan Surabaya. Keduanya merupakan bandar-bandar strategis  semasa pemerintahan Hindia Belanda di nusantara ini (1906-1942). Maka tak mengejutkan jika To Boo Loeng kemudian tersebar dan dikenal hingga ke luar nusantara. Sepeninggal Lie A Liat, usahanya ini kemudian diteruskan oleh salah seorang putranya bernama,  Frans Bany Mattualy. Di masanya ia menjadi gerbong generasi kedua yang menjadikan minyak gosok To Boo Loeng lebih dikenal lagi oleh masyarakat Indonesia. Tahun 1984. Barulah merek To Boo Loeng ini diganti menjadi minyak gosok cap tawon dengan nama perusahaan PT. Tawon Jaya Makassar. Setelah Frans Bani Mattually meninggal dunia tahun 1977, usaha ini kemudian dilanjutkan oleh Eddy Mattually, putranya.

Demikianlah usaha minyak gosok ini beregenerasi, menembus zaman. Kini di tangan Eddy ia berusaha untuk tetap melanjutkan tradisi membangun keakraban dengan para karyawannya, anaknya pun Ia akrabkan dengan pabrik untuk membiasakannya mengenal aroma minyak gosok tawon ini. Sebab dengan menjaga kualitas produksi dan keakraban dengan karyawan adalah kunci dari berhasilnya usaha ini hingga sekarang. Tidak dapat dipungkiri jika Eddy juga senantiasa menginginkan kelak anaknya bisa melanjutkan bisnisnya itu. (sumber)

Eddy Mattualy
Eddy Mattualy

Meskipun ”sekadar” minyak gosok, menurut Eddy Mattualy, keluarganya tetap bangga pada produk tersebut. Selain bisa memberi lapangan kerja kepada orang lain, produk usaha ini pun bermanfaat bagi kesehatan banyak orang. ”Kami bisa bertahan sampai 100 tahun lebih, berarti produk minyak gosok ini memang ada manfaatnya,” ujarnya. (Sumber) 

 

Komposisi minyak gosok cap tawon antara lain sebagai berikut :

Sebagai carrier minyak ini menggunakan minyak kelapa yang memiliki kandungan vitamin A  dan E pada minyak kelapa. Selain itu 80% asam lemak dalam minyak kelapa adalah asam lemak rantai pendek dan sedang yang molekulnya berukuran kecil sehingga mudah meresap ke sel-sel tubuh. Penggunaan minyak kelapa disini penting sebagai agen pengencer minyak atsiri yang akan digunakan. Ada yang menyebutkan minyak kelapa pada minyak tawon ini sebelum dicampurkan dengan beberapa minyak atsiri, sebelumnya di infuskan beberapa bahan seperti bawang merah (allium ascalonicum), kunir ( curcuma longa linn), Lada (Piper ningrum) dan Cengkeh (Eugenia carryophilata).

Minyak Kayuputih (Melaleuca leucadendron), Kandungan utama dari minyak kayuputih ini adalah 1,8-cineol, aroma-nya semriwing dan menyegarkan, juga memiliki efek hangat. Semakin  besar kadar cineol-nya, kualitas minyak kayu putih semakin tinggi. Selain itu minyak kayu putih   juga   mengandung   komponen   lain, seperti: terpineol benzaldehyde, dipentene, limonene dan pinene.

Selanjutnya ada minyak Sereh wangi (Cymbopogon nardus), Komponen kimia dalam minyak sereh wangi cukup komplek, namun komponen yang terpenting adalah sitronellal dan geraniol. Kadar komponen kimia penyusun utama minyak sereh wangi tidak tetap, dan tergantung pada beberapa faktor. Biasanya jika kadar geraniol tinggi maka kadar sitronellal juga tinggi.

2 Comments

  1. Excellent content you got here! You can earn some extra money from your
    page, don’t miss this opportunity, for more details just type in google –
    omgerido monetize website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *