Review

Review : Buku Kimia Minyak Atsiri, Prof. Dr. Hardjono Sastrohamidjojo

Kali ini saya akan mengulas tentang buku karangan Prof. Dr. Hardjono Sastrohamidjojo, Guru Besar Minyak Atsiri Indonesia, selain Bapak Ketaren. Awalnya sebelum naik cetak, buku ini diberi judul Kimia Minyak Atsiri dan Parfum, namun selanjutnya lebih di sederhanakan lagi hanya Kimia Minyak Atsiri.

Buku Kimia Minyak Atsiri, Karangan Prof. Dr. Hardjono
Buku Kimia Minyak Atsiri, Karangan Prof. Dr. Hardjono, source : Toko Pedia dot com

Sebagian besar isinya merupakan hasil dari Disertasi beliau dengan judul disertasi A Study of Some Indonesian Essential Oils, Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada (1981) yang beliau selesaikan di Universitas Uttrech Belanda.

Garis besarnya, bisa dibilang isi dalam buku ini berisi tentang isolasi dan sintesis minyak atsiri untuk kebutuhan industri aroma dan perasa. Beberapa tanaman penghasil minyak atsiri yang ditulis oleh Beliau antara lain; Cengkeh, Sereh wangi, Mentha arvensis, Cullilawan.

Prof.Dr. Hardjono Memberikan pemaparan tentang prospek minyak atsiri Indonesia
Prof.Dr. Hardjono Memberikan pemaparan tentang prospek minyak atsiri Indonesia

Dalam buku ini juga diberikan proses sintesis beberapa senyawa turunan minyak atsiri, seperti sintesis citronela menajdi pulegone atau menthol. Isolasi eugenol dari minyak daun cengkeh dan beberapa proses turunan lainnya.

Bagi orang yang awam akan reaksi kimia, maka buku ini sedikit lebih berat untuk dipahami, karena melibatkan reaksi – reaksi senyawa organik. Namun bagi Mahasiswa Kimia, atau yang bergerak dibidang kimia tentunya buku ini merupakan suatu referensi yang perlu dimiliki.

Diterbitkan oleh Gama Press, Jogjakarta

1 Comment

  1. Buku ini amat membantu penelitian skripsi dan tesis saya dulu,.. maju terus pengembangan minyak atsiri Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *