Review

Regulasi REACH (Uni Eropa)

REACH adalah peraturan keselamatan Masyarakat Eropa (EC) yang berhubungan dengan pendaftaran, evaluasi, otorisasi dan pembatasan bahan kimia. Efektif sejak 1 Juni 2007, REACH mengharuskan produsen dan importir mendaftarkan semua zat yang mereka hasilkan dan / atau impor ke Uni Eropa dalam jumlah ≥ 1 ton per tahun dengan Eropa Chemicals Agency  (ECHA) yang berbasis di Helsinski. Sebagai suatu regulasi Uni Eropa (UE), REACH sepenuhnya berlaku untuk semua negara anggota. Bahkan beberapa neagara Balkan sudah mulai menggunakan regulasi ini.

Untuk zat yang terkandung dalam produk yang diimpor atau diproduksi dalam jumlah lebih dari 10 ton per tahun, Laporan Keselamatan Kimia/ Chemical Safety Report (CSR) termasuk skenario paparan juga diperlukan dalam pendaftaran REACH. Sehingga produk kita dapat diterima dipasaran Eropa. Beberapa minyak atsiri yang terkena dampak REACH salah satunya adalah minyak pala (myristica fragrans hout) dengan kandungan methyl eugenol, dan jeringau karena mengandung beta-asarone yang dalam regulasi tersebut dilaporkan dapat menyebabkan cancer. Selain itu juga terkadang penggunaan plastik yang mengandung phtalate pada kemasan menjadi suatu kendala dimana senyawa ini juga berpotensi sebagai agen cancer. karena terkadang larut dalam minyak atsirinya.

IARC monograph : methyl eugenol
IARC monograph : methyl eugenol

Para produsen sebelum mengekspor barang mereka, terlebih dahulu harus mendaftarkan produk mereka secara rinci, terutama bila terkait dengan bahan kimia. Karena REACH sendiri dibuat untuk 2 kepentingan, pertama untuk melindungi kesehatan manusia (Eropa) dari paparan bahan – bahan kimia berbahaya dan yang kedua adalah melindungi lingkungan tempat bahan baku tersebut di produksi. Ada beberapa vendor seperti TUV yang menyediakan bantuan dalam hal pengujian barang atau produk yang akan di pasarkan.

Bagi teman – teman yang mencoba untuk menjadi eksporter minyak atsiri ataupun produk – produk lain yang berkaitan atau memiliki kaitan dengan bahan – bahan yang mengandung bahan kimia, kiranya menjadi suatu keharusan untuk memahami tentang kebijakan REACH ini, sehingga semakin mempermudah dalam hal distribusi barang hasil produksi kita.

Beberapa source yang dapat membantu dalam pengurusan izin khusus untuk Belanda : www.pum.nl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *