Atsiri

Perawatan Peralatan Penyulingan

Memiliki usaha penyulingan tentunya harus memperhatikan satu hal berikut ini, yakni perawatan terhadap ketel penyulingan. Perawatan terhadap ketel ini memiliki beberapa kepentingan, diantaranya :

  1. Mengurangi angka asam
  2. Memperlambat nilai penyusutan aset
  3. Meminimalisir kecelakaan kerja
Salah satu alat yang ringsek akibat perbedaan tekanan pada alat
Salah satu alat yang ringsek akibat perbedaan tekanan pada alat

Pencucian ketel secara berkala

Pencucian ketel secara berkala, dapat membantu mengurangi bilangan asam yang didapat oleh minyak (khususnya minyak nilam), karena kebaisaan penyuling tidak akan mengganti air yang digunakan, melainkan terus ditambah. Efek dari jarangnya pencucian menyebabkan kandunganminor logam – logam terakumulasi dan mempengaruhi oksidasi minyak dan menyebabkan bilangan asam meningkat.

Pengecekan sambungan las

Selama pencucian atau masa idle penyulingan, harap dicek kembali sambungan las pada ketel. pastikan tidak ada bocor ataupun korosi yang tidak terlihat. Pengecekan secara berkala dapat meminimalisir dan memantau kerusakan kecil yang dapat segera ditangani, sehingga meminimalisir kerusakan berat dan pengeluaran yang cukup besar.

Berita Kebakaran Penyulingan, Sumber SIndonews
Berita Kebakaran Penyulingan, Sumber Sindonews

Pengecekan seal 

Salah satu yang penting lagi adalah pengecekan seal di setiap klem ataupun tutup. Pengecekan dan penggantian seal secara routine bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kebocoran – kebocoran uap disetiap sambungan pipa maupun tutup ketel.

Pembersihan saluran kondensor

Penggunaan ketel setiap hari, tentunya akan menyebabkan sisa – sisa minyak terkadang mengendap dibagian kondesor, hal tersebut bila dibiarkan terjadi dapat menyebabkan tersendatnya minyak yang melalui kondensor, karena sebagaian juga ada yang tersangkut pada minyak yang mengendap. Pembersihan yang umum menggunakan air dan sabun, namun bila kerak sudah membandel anda dapat menggunakan NaOH atau KOH yang dilarutkan dalam air (0.5 kg NaOH/KOH dilarutkan dalam 200 Kg air).

Pengecekan konstruksi tungku

Karena terkena panas terus menerus, bangunan tungku harus juga diperhatikan, apabila struktur rangka nya sudah mulai melemah sebaiknya segera dipugar/renovasi akar tidak terjadi kecelakaan seprti kebakaran ataupun ketel/boiler ambles karena konstruksi sudah lemah dan tidak dapat menopang beban ketel saat beropaerasi.

Pengecekan perlengkapan pendukung

Manometer, Thermometer dan Safety valve merupakan suatu perlengkapan pendukung penyulingan, harap dicek secara berkala apak masih berfungsi dengan baik atau sudah tidak. Safety valve diperlukan peneraan ulang agar keselamatan kerja lebih terjamin.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *