Fine Chemical

Aromatherapy by Fragrance

Seringkali jika kita pergi ke supermarket atau ke beberapa penjual oleh – oleh di lokasi wisata sering kali kita menemukan oleh – oleh/package kit aromatherapy  dengan tulisan essential oil, bahkan ada yang mencantumkan 100% pure pada labelnya. Biasanya minyak yang terdapat dalam 1 paket tersebut antara lain beraroma buah (strawberry, melon, anggur, ophium), Green Tea beberapa minyak atsiri dengan aroma bunga.

paketan "essential oil" for aromatherapy
paketan “essential oil” for aromatherapy

Pada kenyataannya, cairan yang dijual tersebut bukanlah “essential oil” dalam bahasa Indonesianya disebut juga minyak atsiri. Cairan yang dikatakan essential oil tersebut merupakan fragrance yang dihasilkan dari senyawa sintetik. berikut ini beberapa senyawa yang bertanggung jawab sebagai marker aroma – aroma tersebut.

Aroma Strawberry

Senyawa yang bertanggung jawab sebagai aroma strawberry ada beberapa, akan saya sebutkan 2 jenis dari pabrikan yang berbeda. Pertama adalah strawberry furanone(furaneol). biasanya juga digunakan sebagai aroma nanas dan tomat muda. Nama IUPAC nya 4-hydroxy-2,5-dimethylfuran-3-one, dengan nomor CAS 3658-77-3. Kedua adalah Ethyl methylphenylglycidate atau bisa juga disebut strawberry aldehyde. Penggunaan senyawa kedua ini lebih luas penggunaannya selain aromatherapy juga digunakan di beberapa industri seperti perfume, toiletries, es krim, permen dan lain-lain. 

aroma strawberry
aroma strawberry

Aroma Apel

Senyawa yang bertanggung jawab terhadap aroma ini dikenal jugadengan nama Fructone atau apple ketal, dengan nama IUPAC Ethyl 2-(2-methyl-1,3-dioxolan-2-yl)acetate. Pertama kali diketemukan oleh Fabian Servan. Senyawa ini di sintesis dari  ethyl acetoacetate dan ethylene glycol dalam  reaksi katalis ketalisasi.

Fructone
Fructone

Masih banyak lagi senyawa- senyawa yang membentuk aroma – aroma yang kita jumpai pada aromatherapy kit yang dijual sebagai oleh–oleh atau sebagai daily care. Tidak semua tumbuhan memiliki minyak atsiri, jadi mulai sekarang cek kembali belanjaan anda yang terkait dengan aromatherapy. Betulkah itu fragrance atau minyak atsiri. Karena tidak sedikit juga pengguna aromatherapy ini yang mengeluhkan adanya allergy paska menggunakannya. namun juga dalam menggunakan minyak atsiri kita juga harus berhati – hati dan sesuai dosis, untuk penggunaan minyak atsiri pada tubuh bisa dibaca disini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *